Selasa, 06 November 2007

PERLEBAHAN (bee propolis)

BEE PROPOLIS

Propolis adalah substansi bergetah yang melindungi tunas-tunas daun dan mencegahnya agar tidak kering. Warnanya berbeda-beda sesuai dengan sumber tumbuhannya (bisa coklat tua atau warna yang lebih muda dan bahkan bisa kemerah-merahan atau ungu).

Selama berabad-abad lebah membawa propolis ini ke dalam sarangnya, menambahkan sekresi mereka sendiri pada substansi tersebut, dan menyebarkan “antibiotika” yang telah diolah tersebut ke setiap sudut lekuk sarangnya untuk membasmi kuman dan bakteri pada sarang.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa makanan pelengkap alamiah ini memiliki sifat-sifat antibiotic yang mengagumkan.
Bee propolis ini mengandung zat besi, vitamin B-kompleks yang aktif secara biologis, provitamin A, vitamin C, vitamin E, asam-asam amino dan mineral-mineral serta kaya akan bioflavonoids alami. Bioflavonoids adalah senyawa-senyawa alamiah yang ditemukan pada tanaman yang dapat mengalami fotosintesa.

Propolis mengandung bermacam-macam bioflavonoids yang sangat pekat. Kepekatan bioflavonoids dalam propolis adalah 500 kali kepekatan jeruk, yang diketahui mengandung bioflavonoids. Kepekatan bioflavonoids ini dipercaya sebagai pembentuk sifat-sifat antibiotic pada propolis.

Manfaat Bee Propolis bagi manusia :
* Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit
* Membantu menyembuhkan dan menjaga kulit dari masalah-masalah seperti
jerawat, gatal-gatal, eksim dll
* Menjaga mulut tetap segar dan nyaman
* Menyejukkan radang tenggorokan dan membantu sinusitis
* Membantu penyembuhan sakit maag, infeksi saluran pencernaan dan saluran kemih

0 komentar: