Senin, 05 November 2007

PERLEBAHAN (royal jelly)

ROYAL JELLY

Sumber makanan yang paling diistimewakan oleh lebah adalah royal jelly, yang dikenal sebagai susu lebah. Merupakan konsumsi lebah ratu seumur hidupnya. Lebah ratu tidak terlahir demikian tapi dibuat. Saat induk ratu meletakkan telurnya, telah dipersiapkan sel persalinan berukuran super. Namun telur yang diletakkan di sel itu sebenarnya identik dengan telur lain yang dipersiapkan untuk lebah pekerja biosa. Secara genetic tidak ada perbedaan.

Ratu lebah sebagai kepala tertinggi koloni lebah memiliki sedemikian banyak keisimewaan dibandingkan dengan seluruh anggota koloni. Ia memiliki ukuran yang jauh lebih besar, hingga 1,5 kali daripada lebah pekerja, dengan kemampuan reproduksi yang tak terbayangkan, sekitar 2000 butir telur per hari ! Sementara lebah pekerja yang juga betina, sama sekali mandul ! Usianya lebih lama 40 kali dari usia lebah pekerja ! Woow..sungguh fantastis J

Selama 3 hari pertama perkembangan larva lebah pekerja, mereka diberi makan royal jelly dalam madu. Setelah habis dilanjutkan dengan makanan yang lain. Akibat perlakuan ini, terbentuk lebah pekerja dengan kelenjar kelamin yang tidak berkembang, namun berkembang kelenjar hypopharingeal dan kelenjar lilinnya.

Sedangkan untuk membentuk ratu lebah, lebah pekerja telah memasok royal jelly sejak telur calon ratu lebah dalam pengasuhan. Tanpa royal jelly yang kaya gizi ini, ia tak mungkin akan berkembang sebagai ratu, dan dilanjutkan sampai sepanjang hidupnya. Hanya makan royal jelly saja yang membuatnya menjadi ratu.

Sebagai lebah dewasa, ia tidak memiliki kelenjar lilin, dan keranjang pollen di kakinya. Pekerjaan mengumpulkan pollen dan propolis serta membangun sarang dilakukan oleh lebah pekerja. Ia juga tidak memiliki kelenjar hypopharingeal. Namun organ kelaminnya berkembang penuh. Saat ia menetas sebagai ratu lebah, panjangnya 17 mm dengan berat 200 mg, sementara itu lebah pekerja 12 mm dengan berat 125 mg. (Jadi 42% lebih besar dan 60% lebih berat).

Fakta menakjubkan :
Ratu lebah mencapai kedewasaan dalam waktu 16 hari, sementara lebah pekerja 21 hari. Rentang usianya sangat hebat, ratu dapat hidup 40 kali lebih lama daripada lebah pekerja,di alam bebas antara 5-7 tahun, sementara lebah pekerja umumnya antara 7-8 minggu saja ! Ratu juga bisa bertelur sekitar 2000 butir per hari, jumlah itu setara 1,5-2 kali berat badannya. Ini semua karena lebah ratu hanya makan royal jelly sepanjang hidupnya ;))

Royal jelly ini berbentuk cairan kental berwarna putih susu, berbau agak tajam dan rasanya sangat pahit. Namun susunan kimianya sangat kompleks, berbagai kandungan gizi yang tinggi terdapat di dalamnya. Ia mengandung unsure DNA dan RNA serta Collagen yang berfungsi sebagai elemen anti penuaan (anti oksidan). Ia juga mengandung Gamma Globulin sebagai anti infeksi dan stimulator daya tahan tubuh, serta Asam Decanoic sebagai anti biotic kuat terhadap banyak macam bakteri dan jamur. Selain itu terkandung pula A, B kompleks, C, D, E, thiamin (vit B1), riboflavin (vit B2), niacin, biotin (vit H), inositol (bagian dari vit B),asam nukleat, gelatin, gamma globulin, asam dekanoat, dan 18 asam amino lainnya.

Manfaat Royal Jelly bagi manusia:
Meremajakan jaringan-jaringan sel kulit yang telah berkeriput, sehingga terlihat berseri dan awet muda.
Membantu menghilangkan gejala stress seperti migraine, sulit tidur, dan sering gugup.
Memperbaiki system metabolisme tubuh yang tidak berfungsi normal seperti kurang nafsu makan, wajah pucat dan kepala sering pusing.
Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan bakteri dan virus.
Meningkatkan kerja system reproduksi pada pria dan wanita.
Membantu meningkatkan proses pengolahan energi dalam tubuh sehingga tubuh lebih energik dan bergairah.
Membantu memperlambat masa menopause dan mengatasi gejala-gejala yang menyertainya.

0 komentar: